Kamis, 13 November 2008

Latar Belakang LIMAS UI 2009

Carut marut kondisi sosial masyarakat Indonesia semakin mengkhawatirkan. Kekerasan, pemaksaan kehendak, jalan pintas, korupsi, mistik, boros, mementingkan diri dan kelompoknya hampir setiap hari terungkap di media massa. Kondisi ini semakin mempersulit upaya bangsa dalam mensejajarkan diri dengan bangsa-bangsa lain di dunia.
Dibutuhkan keteladanan, ajaran, dan tuntunan akan nilai-nilai kejuangan, kesantunan, kebersamaan, disiplin, kerja keras, kreatif dan mungkin masih banyak lagi karakter–karakter bangsa yang harus diperkokoh untuk mengejar ketertinggalan agar tidak semakin terpuruk dan semakin jauh jarak ketertinggalannya.

Upaya apapun harus dilakukan agar bangsa ini punya semangat kejuangan, kerja keras, dan semangat kebersamaan. Dahulu banyak pahlawan yang berani mati untuk membela negeri, namun kini bangsa kita membutuhkan pahlawan yang berani hidup. Bukan hidup asal hidup, tetapi hidup yang membawa arti bagi pertiwi, bagi bangsa, dan bagi sesama. Seperti pesan salah satu pendiri bangsa kita, Bung Hatta, “Semua itu harus dimulai dari tataran keluarga dan dimulai sejak usia dini.”

Atas kondisi dan gagasan di atas, maka kegiatan Lomba Ilmiah Mahasiswa Sosial Politik Universitas Indonesia (LIMAS UI) ini dicanangkan, direncanakan, dan direalisasikan bersama-sama dengan segenap komponen bangsa agar dapat menjadi wadah bagi pendapat dan gagasan yang masih terserak di masyarakat.

Tidak ada komentar: